Selasa, 17 Maret 2015

HUKUM KEDUA TERMODINAMIKA


Hukum kedua termodinamika berpusat pada masalah entropi. Hukum kedua termodinamika bisa dinyatakan sebagai berikut : “Entropi dapat diciptakan tetapi tidak dapat dimusnahkan”. Berdasarkan postulat ini, entropi yang ada pada sebuah proses bisa tetap tidak berubah dan bisa pula naik, namun tidak mungkin berkurang. Entropi hanya bisa tetap tidak berubah pada sebuah proses reversibel (s1=s2).
Contoh sebuah proses reversibel adalah ayunan bandulteoritis, dimana         sama sekali tidak ada friksi yang menghambat ayunan. Dengan demikian, jika bandul diayunkan kearah kanan sejauh x maka bandul akan kembali kesebelah kiri sejauh x pula. Namun dalam kenyataannya, proses semacam ini sulit ditemui karena friksi – meski hanya sedikit- pasti akan ada. Dalam kenyataannya, hamper semua proses yang terjadi dialam adalah irreversible. Dalam sebuah proses irreversible, pasti akan terjadi kenaikan entropi (s2 > s1).

Dengan kata lain, dalam sebuah proses reversibel, tidak ada perubahan entropi. Adapun dalam sebuah proses irreversible, perubahan entropi tidaklah nol dan pasti bernilai positif. 

0 komentar:

Posting Komentar