Selasa, 17 Maret 2015

Siklus Mesin Carnot

SIKLUS  CARNOT


Mesin carnot adalah mesin kalor hipotetis yang beroperasi dalam suatu siklus reversible yang disebut siklus carnot. Model dasar mesin ini dirancang oleh Nicolas Leonard Sadi Carnot, seorang insinyur militer Perancis pada tahun 1824. Model mesin carnot kemudian dikembangkan secara grafis oleh Emile clapeyron 1834, dan diuraikan secara matematis oleh Rudolf Clausius pada tahun 1850an dan 1860an. Dari pengembangan clausius dan clapeyron inilah konsep dari entropi mulai muncul. Setiap sistem termodinamika berada dalam keadaan tertentu.
            Sebuah siklus termodinamika  terjadi ketika suatu sistem mengalami rangkaian-rangkaian keadaan yang berbeda dan akhirnya kembali ke keadaan semula. Dalam proses melalui siklus ini, sistem tersebut dapat melakukan usaha terhadap lingkungannya, sehingga disebut mesin kalor.

            Sebuah mesin kalor bekerja dengan cara memindahkan energy dari daerah yang lebih panas ke daerah yang lebih dingin, dan dalam prosesnya, mengubah sebagian energy menjadi usaha mekanis. Sistem yang bekerja sebaliknya, dimana gaya eksternal yang dikerjakan kepada suatu mesin kalor dapat menyebabkan proses yang memindahkan energy panas dari daerah yang lebih dingin ke energy panas yang disebut mesin refrigerator.

0 komentar:

Posting Komentar