Sabtu, 14 Maret 2015

TIGA CARA PERPINDAHAN KALOR

Kalor adalah salah satu bentuk energy yang dapat berpindah apabila terdapat perbedaan suhu. Secara alami kalor berpindah dari zat yang suhunya tinggi ke zat yang suhunya rendah.
Ada tiga cara perpindahan kalor , yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.


Berbagai fenomena alam terjadi karena proses perpindahan kalor dan beberapa teknologi diciptakan berdasarkan konsep perpindahan kalor juga.



1. KONDUKSI
Konduksi adalah perpindahan kalor  tanpa  diiikuti oleh partikel-partikel  zat. Dan perpindahan panas ini hanya terjadi pada zat padat. Namun demikian, tidak semua zat padat dapat menghantarkan panas dengan baik.
Zat yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor
Zat yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut isolator




2. KONVEKSI
Konveksi  adalah perpindahan kalor  dengan diikuti oleh perpindahan partikel-partikel zat. Perpindahan panas ini mengakibatkan adanya aliran zat, oleh karena itu perpindahan panas ini hanya terjadi dalam zat alir (fluida). Zat dapat mengalir karena terjadi perbedaan massa jenis zat.
Terjadinya angin darat maupun laut adalah akibat dari adanya perpindahan panas secara konveksi.





3. RADIASI
Radiasi adalah perpindahan kalor  melalui  pancaran cahaya dalam bentuk pancaran gelombang EM. Perpindahan panas seperti ini tidak memerlukan zat perantara.
Radiasi adalah pancaran, kebalikannya adalah penyerapan. Pemancar yang baik adalah penyerap energi yang baik pula. Warna hitam adalah pemancar yang baik. Sedangkan warna putih adalah pemancar yang buruk.


0 komentar:

Posting Komentar